Pesona Posong

Fenomena    berburu sunrise menjadi trend, baik di kalangan remaja, dewasa ,maupun orang tua, yang bahkan tak jarang membawa putra-putri mereka yang masih balita untuk menikmati indahnya matahari terbit di balut hawa dingin pegunungan.





Satu lagi pesona wisata alam hadir, dilereng Gunung  Sindoro. Adalah Posong, kawasan di Desa Tlahab, kecamatan Kledung, kabupaten Temanggung dengan ketinggian 2000 mdpl.  Dari Jalan Raya Temanggung - Wonosobo hanya berjarak 3,5 km belok kiri  masuk gapura berbentuk batang pohon cemara bertuliskan Posong dari arah Wonosobo. Masuk lurus mengikuti jalan rolakan  yaitu jalan dari batuan yang disusun rapi, yang cukup bagus, berkelok melewati kebun tembakau.

Tak usah bersusah payah mendaki, Posong telah di rancang sedemikian rupa, untuk bisa menikmati munculnya matahari pagi tepat di atas para wisatawan memarkirkan kendaraannya. Area parkir cukup luas, bis kecil pun bisa masuk sampai di parkiran Posong, membawa rombogan wisatawan. Para pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbit yang muncul di sebelah Gunung Sumbing yang gagah, dan  Gunung Merapi,Gunung  Merbabu,Gunung  Andong, Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran dan Gunung Muria  yang tampak kecil di kejauhan berendam awan putih.
Sarana Prasara di Posong juga sudah lengkap sejak tahun 2012, mulai dari pusat informasi untuk wisatawan, mushola, kamar kecil, dan gazebo-gazebo besar maupun kecil dari kayu khas Jawa nan cantik untuk duduk sambil menikmati kopi atau teh panas beserta gorengan maupun mie goreng atau rebus yang  tersedia di kedai di belakang mushola.




Tiket masuk hanya 2 ribu rupiah per orang, wisata ke Posong pas untuk mengisi liburan hari Minggu  sekeluarga tak usah menunggu liburan panjang tiba. Parkir mobil 5 ribu rupiah dan 2 ribu rupiah untuk parkir sepeda motor. Menikmati sejuk udara pagi, memanjakan mata melihat hamparan hijau kebun tembakau dan barisan pohon cemara di lereng Gunung Sindoro sambil memandang Gunung Sumbing. Untuk para pecinta alam yang ingin menginap, terdapat area camping. Untuk yang tidak terbiasa bermalam di tenda, bisa menginap di rumah penduduk yang memang di sediakan sebagai guest house.


Kata Posong berasal dari Bahasa Jawa yakni pos yang kosong yang berarti pos yang sudah kosong. Karena pada saat Perang Diponegoro, pasukan Pangeran Diponegoro terdesak ke Temanggung dan mendirikan pos di lereng Gunung Sindoro, diatas Desa Tlahab. Ketika pasukan Belanda mengepung pos tersebut, ternyata pos telah kosong ditinggalkan oleh tentara Pangeran Diponegoro.












Comments

  1. beautyfull........pgn banget ngecamp semalem disana tapi kapan ya....smoga ada waktu..amin

    ReplyDelete

Post a Comment