TELAGA WARNA DAN PENGILON



Telaga Warna Dieng, telaga alam yang sangat populer di Dieng, Kabupaten Wonosobo karena keindahannya. Warna air yang berwarna-warni dari kejauhan, membuat para wisatawan dalam maupun luar negeri penasaran untuk mengunjunginya.
Fenomena warna air yang berubah dikarenakan air telaga yang mengandung sulfur cukup tinggi, saat terkena sinar matahari, warna air telaga nampak bergradasi  sangat indah. Dan telaga inipun masyur dengan nama Telaga warna.



Di samping Telaga Warna, terdapat sebuah telaga dengan air yang jernih, sehingga di beri nama Telaga Pengilon, yang dalam bahasa jawa berarti kaca untuk " ngilo" aau melihat wajah sendiri.

Di sekitar telaga Warna dan Pengilon, masih terdapat hutan kecil yang cukup rimbun, yang teduh. Dan terdapat beberapa tempat yang dikunjungi karena beberapa kepercayaan.
Diantaranya adalah:
 1. Goa Semar
 2. Goa Jaran
 3. Batu Tulis
 4. Goa Sumur

Untuk mengelilingi kedua telaga ini, tak kan berasa lelah, udara yang sejuk, membuat anda betah berlama-lama.

Di Telaga warna in juga sebagai tempat untuk melarung atau membuang  rambut gimbal anak-anak berambut gimbal,yang dicukur dalam acara Dieng Culture Festival atau yag dikenal dengan DCF. DCF adalah acara tahunan kebanggaan warga Dieng yang sudah sangat terkenal.

Tak hanya bisa dinikmati dari dekat, Telaga Warna dan Pengilon juga dapat dinikmati dari kejauhan seperti dari batu ratapan angin dan dari Bukit Sidengkeng.




Comments