KAWAH SIKIDANG



Kawah Sikidang adalah salah satu kawah dari sekian banyak kawah yang tersebar di dataran tinggi Dieng, akibat letusan gunung api tua yang begitu dahsyat.  Berbentuk seperti kolam yang cukup besar, kawah merupakan genangan air sulfur raksasa yang mendidih. Jika biasanya kawah  berada di atas gunung, tetapi di Dieng anda dapat menikmati kawah, tanpa bersusah payah naik gunung terlebih dahulu, kawah Sikidang berada di dataran yang luas dan rata, dan dengan pemandangan yang indah.




Dinamai Sikidang karena kawah bisa berpindah pindah,seakan melompat seperti kidang. Beberapa kawah yang kecil tersebar disana sana sini di Kawasan Kawah Sikidang, berupa genangan air kecil yang mendidih, menyembul di antara bebatuan.
Dengan kandungan sulfur yang tinggi, menyebabkan tanah di kawasan kawah menjadi putih, gersang. Namun di atas Kawah Sikidang terdapat perbukitan dengan pohon-pohon yang hijau, menambah keindahan panorama kawah.






























Bau sulfur yang khas kadang tercium terbawa angin, anda bisa mengenakan penutup hidung, jika angin berhembus bau sulfurpun tidak begitu tercium.

Kawah Sikidang merupakan kawah yang aktif, namun karena letaknya di tempat terbuka, dan mudah dijangkau, kawah ini relatif aman dikunjungi, di depan pintu masuk kawah, terdapat alat pendeteksi aktifitas kawah.

Seiring berkembangnya waktu, dan pesatnya pariwisata, di kawasan kawah Sikidang banyak spot foto, yang dapat anda pilih, yang siap memanjakan anda penggemar foto. Selain berfoto anda juga bia melakukan berbagai aktifitas di kawasan kawah, mulai dari menikmati telur rebus kawah, yakni telur ayam atau puyuh yang direbus dengan di masukkan ke dalam kawah Sikidang, flying fox, berkuda, sewa motor ATV, hingga membeli belerang kawah sebagai obat gatal.  Semua akan  membuat liburan anda lebih berkesan dan menyenangkan.








Kawah Sikidang menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan baik dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke Dieng.












Comments